Waroeng InTEC deSmart75 Network Inc.

Information Technology of Education Center ——— The Performance of Higher Education ——– Reach the Successful of Your Successful by Reaching Successful of Knowledge

  • Pos-pos Terbaru

  • Klik tertinggi

    • Tak ada
  • Berlangganan

  • RSS Kekuatan Kepercayaan Pendidikan

    • cara install wordpress di local host September 8, 2008
      cukup mudah menginstaall wordpress di local host komputer kita di rumah, berarti kita bisa mengelolo content dan bisa belajar wordpress cms kita sendiri, tanpa harus conect dengan internet, sehingga kita bisa belajar wordpress cms dengan hemat tanpa harus bayar internet,trus apa sih yang perlu di siapkan untuk bisa menjalankan wordpress cms kita di komputer […]
      pakde_smart75@yahoo.co.id (pakdesmart75)
    • Perancangan Database September 8, 2008
      Pendahuluan perancangan Database : Ø Tantangan dalam merancang database adalah bagaimana merancang sehingga database dapat memenuhi keperluan saat ini dan masa mendatang Ø Perancangan Model Konseptual perlu dilakukan disamping perancangan model fisik Proses perancangan basis data , dibagi menjadi 3 tahapan yaitu : Ø Perancangan basis data secara konseptual, […]
      pakde_smart75@yahoo.co.id (pakdesmart75)
    • JURNAL PENYESUAIAN September 6, 2008
      Ingatkah Anda pelajaran dalam modul kelas XI yang lalu tentang jurnal penyesuaian? Apakah sama dengan jurnal penyesuaian yang disajikan dalam modul ini? Jawabnya adalah sama. Hanya saja jurnal penyesuaian dalam modul kelas XI untuk perusahaan jasa dan dalam modul kelas XII ini untuk perusahaan dagang. Sehingga yang berbeda dalam hal ini adalah karakteristik […]
      pakde_smart75@yahoo.co.id (pakdesmart75)
    • Kisah Lahirnya si Raja Batak Agustus 16, 2008
      dicopy tanpa izin dari basibanget.net
      pakde_smart75@yahoo.co.id (pakdesmart75)
    • Cara Convert File Micosoft Office ke Format PDF Juli 25, 2008
      Dengan adanya plugin gratis dari Microsoft Office 2007 maka dengan ini pengguna Office 2007 dapat dengan mudah mengkonversikannya. Sebelumnya saya pribadi sering menggunakan program dari Adobe yaitu Adobe Acrobat yang berbayar. Nah dengan adanya plugin ini maka kita tidak perlu lagi perangkat lunak tambahan, cukup gunakan Office 2007 Anda saja ditambah denga […]
      pakde_smart75@yahoo.co.id (pakdesmart75)
  • Top Tags Widget

  • Popular News

  • Technorati Authority Widget

Penelitian Tindakan Kelas (bagian-2)

Posted by bachtiar dp pardede pada Juli 13, 2008

Bagaimana Melaksanakan PTK?
a. Siklus I
1. Tindakan I
Dengan melihat kasus Pak Anton, tindakan I adalah implementasi serangkaian kegiatan pembelajaran seperti yang telah direncanakan untuk mengatasi masalah. Karena penyebab pertanyaan Pak Anton yang sering tidak terjawab sudah diketahui, maka tindakan yang harus dilakukannya adalah :
1. Membuat pertanyaan secara jelas dan tidak terlampau panjang.
2. Pertanyaan ditujukan kepada seluruh siswa
3. Memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir dulu sebelum menjawab.


Dalam tahap pelaksanaan tindakan, guru berperan sebagai pengajar dan pengumpul data, baik melalui pengamatan langsung, maupun melalui telaah dokumen, bahkan juga melalui wawancara dengan siswa setelah pembelajaran selesai. Guru juga dapat meminta bantuan kolega guru lainnya untuk melakukan pengamatan selama guru melakukan tindakan perbaikan. Selama proses belajar akan dilakukan observasi menyangkut aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Antara lain, bagaimana kualitas jawaban siswa dan apakah motivasi siswa menjawab pertanyaan guru meningkat?. Apakah hasil belajar siswa meningkat?

2. Refleksi I
Data yang dikumpulkan selama tindakan berlangsung kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil analisis ini guru melakukan refleksi, yaitu guru mencoba merenungkan atau mengingat dan menghubung-hubungkan kejadian dalam interaksi kelas, mengapa itu terjadi, dan bagaimana hasilnya. Hasil refleksi akan membuat guru menyadari tingkat keberhasilan dan kegagalan yang dicapainya dalam tindakan perbaikan. Hasil refleksi ini merupakan masukan bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan tindakan perbaikan berikutnya. Refleksi I dapat dilakukan oleh guru bersama siswa bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pelaksanaan tindakan pada siklus I dengan jalan mengidentifikasi baik kemajuan-kemajuan yang telah diperoleh maupun kekurangan-kekurangan atau hambatanhambatan yang masih dihadapi. Kemudian, setelah mendapat persetujuan dari kedua belah pihak hasil refleksi tersebut digunakan untuk memperbaiki rencana tindakan pada siklus II.

b. Siklus II
1. Perencanaan
Refleksi yang dilakukan pada akhir siklus I bertujuan untuk mengidentifikasi baik kemajuan-kemajuan yang telah diperoleh maupun kekurangankekurangan atau hambatan-hambatan yang masih dihadapi. Hasil refleksi ini kemudian digunakan untuk memperbaiki rencana tindakan pada siklus II.
2. Tindakan II
Tindakan II berupa implementasi serangkaian kegiatan pembelajaran yang telah direvisi untuk mengatasi masalah pada siklus I yang belum tuntas. Selama proses belajar pada siklus kedua ini juga akan dilakukan observasi menyangkut aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
3. Refleksi II
Refleksi II juga dilakukan oleh guru bersama siswa bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pelaksanaan tindakan pada siklus II dengan jalan mengidentifikasi baik kemajuan-kemajuan yang telah diperoleh maupun kekurangan-kekurangan atau hambatan-hambatan yang masih dihadapi.

Berdasarkan hasil refleksi tersebut dapat disimpulkan berhasil tidaknya keseluruhan tindakan implementasi pembelajaran di dalam kelas terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Apabila pada siklus II tujuan PTK sudah dapat tercapai, maka tidak perlu dilanjutkan siklus berikutnya.

Tetapi apabila tujuan belum tercapai, maka perlu dilanjutkan siklus berikutnya. Kemudian, setelah mendapat persetujuan dari kedua belah pihak hasil refleksi tersebut digunakan untuk memperbaiki rencana tindakan pada siklus III.

Guru dapat membuat jurnal atau catatan seluruh kegiatan PTK yang telah dilakukannya. Catatan tersebut dapat digunakan untuk menyusun suatu karya ilmiah yang dapat disebarluaskan menjadi suatu inovasi, dan dapat dimanfaat-kan oleh guru-guru lainnya dalam melaksanakan PTK.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: